Monday, September 17, 2012

Body Clock si Superman



Saya punya teman, Superman. Dan dia bilang dia diikuti oleh angka di jam. Dia seringkali melihat angka kembar atau angka berurutan. Merasa hal itu adalah hal yang unik, dan dia pun sendiri tidak tahu penyebabnya apa, ternyata setelah di google sebentar jawabannya ada kok :)

BODY CLOCK (Jam Tubuh)

Di dalam diri kita ada jam alami yang merupakan penunjuk waktu bagi tubuh kita. Bentuknya adalah segerombolan sel syaraf di bagian tengah otak kita. Tempatnya ada di dekat sel syaraf dari mata, jam tubuh mengandalkan matahari untuk mensinkronkan tubuh kita dengan waktu sebenarnya :)

Seperti termometer yang ada di rumah kita, jam tubuh membuat temperatur tubuh kita naik dan tekanan darah juga naik sebelum kita bangun tidur. Ia merangsang dilepaskannya hormon yang membuat kita bangun dan siap beraktifitas.

Jam tubuh ini membuat kita bisa melek di siang hari, ngantuk saat malam, dan lapar di jam-jam kita biasa makan. Ini juga mempengaruhi pertumbuhan tulang, pembagian sel-sel, dan hal-hal mendasar untuk me-maintain tubuh kita. Mereka yang tidak bisa memanfaatkan sinar matahari sebagai tanda bagi tubuhnya biasanya punya masalah dengan tidur atau ritme hidup lainnya.

Jam tubuh sangat mempengaruhi kesehatan kita. Sama seperti orkestra, begitulah jam tubuh yang sinkron dengan jam sebenarnya. Bepergian melintasi time zone, sakit, bekerja di luar shift seharusnya bisa mengacaukan jam tubuh. Biasanya kita bisa me-restart-nya dengan beristirahat yang cukup dan menghangatkan diri dengan matahari.

Lalu hubungannya antara jam tubuh dan teman saya si Superman yang sering diikuti angka di jam? Manusia punya subconscious mind, alam bawah sadar. Suatu saat kita melihat suatu hal; katakan angka kembar 11:11, secara fisik/sadar kita akan melupakannya. Namun alam bawah sadar kita akan merekam itu sebagai kejadian yang ganjil (kalau menurut kita itu penting) dan memasukkannya dalam memori. Akibatnya? Begitu jam tubuh kita memberi notifikasi bahwa sekarang jam 11:11, kita akan melihat jam dan mendapatkan angka yang sama.

Dahsyat ya? Ini menunjukkan kehebatan Tuhan yang menciptakan tubuh kita dengan begitu presisi. It's like a work of art :)

Dulu saat saya masih kuliah dulu, saya sering sholat malam, dan berdoa minta dibangunkan jam 2 pagi. Akhirnya, tiap jam 02.00 saya terbangun, bahkan saat saya tidak bisa sholat. Jam 02.00 tepat. So, it's pretty amazing.
Oh ya, hal yang sama juga berlaku pada tumbuhan dan hewan. Ada penelitian yang menunjukkan pada jam-jam tertentu arah daun akan berubah. Hal ini terus terjadi meski si tanaman disembunyikan pada tempat yang tidak mendapat matahari :)

Thanks, Superman! Saya jadi tahu tentang body clock ini.

Bahan-bahan saya ambil dari http://mysite.verizon.net/vze16lub2/bodyclok.htm


No comments:

Post a Comment